software

Kamis, 24 April 2014

Slovenia Punya 'Grand Canyon' Bawah Tanah

Grand Canyon di AS menjadi salah satu lanskap alami paling terkenal di dunia. Tapi di Slovenia, ada sebuah gua yang sangat besar sehingga disebut-sebut sebagai Grand Canyon bawah tanah.

Skocjan Caves di Skocjan, Slovenia, adalah salah satu gua terbesar sedunia. Luas totalnya mencapai 45.000 hektar, dan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1986. Selain ruangan-ruangan raksasa di bawah tanah, di dalam Skocjan Caves mengalir sungai yakni Reka River dan danau yang disebut Dead Lake.

Mengutip situs resmi Skocjan Caves, Senin (18/11/2013), ruangan terbesar bernama 'Martel's Chamber'. Gua-gua di Skocjan Caves juga punya formasi stalaktit dan stalakmit yang memukau wisatawan.

Gua ini jadi habitat berbagai jenis kelelawar, juga ikan-ikan yang hidup dalam kegelapan total. Selain besar, Skocjan Caves juga disebut-sebut sebagai salah satu gua tertua sedunia. Disinyalir umurnya mencapai 10.000 tahun. Konon, dulu gua ini menjadi tempat berlindung manusia purba.

Wisatawan bisa mengikuti tur dengan pemandu, masuk ke dalam Skocjan Caves. Harganya mulai dari 15 Euro (Rp 233.000) untuk dewasa dan 7 Euro (Rp 108.000) untuk anak-anak. Wisatawan juga bisa memasuki museum tempat dipamerkannya aneka koleksi geologis, biologis, dan arkeologis Skocjan Caves.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar