software

Sabtu, 19 April 2014

Ajaib! Ada Pohon Pelangi di Bandung

Hutan Raya Ir H Djuanda di Bandung menawarkan wisata alam yang menarik untuk liburan panjang. Ada pohon unik dan langka, salah satunya adalah Pohon Pelangi. Warna kulitnya yang mengelupas berwarna pelangi.

Jika hal yang berkaitan dengan sejarah menjadi kesukaan Anda, Gua Jepang, Gua Belanda, dan prasasti peninggalan dua raja Thailand bisa menjadi tujuan di Hutan Raya Ir H Djuanda di Bandung. Anda juga bisa melihat-lihat koleksi tumbuhan yang unik, misalnya saja anggrek terkecil di dunia yang biasa dikenal dengan anggrek akar, atau anggrek hantu (Taeniophyllum) atau kalau lagi mekar, Anda juga bisa melihat bunga bangkai (Amorpophalus titanum).

Di antara flora yang unik-unik itu, ada satu pohon yang bisa jadi akan menarik perhatian Anda, Pohon Pelangi atau Rainbow tree. Menurut Kang Ganjar, salah seorang Jagawana di Tahura, warna pelangi ini muncul dari kulit pohon yang mengelupas.

Lapisan-lapisan kulit pohon ini tidak mengelupas pada saat yang bersamaan. Begitu lapisan kulit luarnya hilang, lalu kulit-kulit baru pun tumbuh.

Kulit baru itu kemudian berubah warna menjadi biru, oranye, merah, dan lain sebagainya. Perubahan warna itu menjadi sangat atraktif, dilatar belakangi oleh warna batang yang hijau cerah. Unik deh.

Eucalyptus Deglupta, begitu nama latinnya, merupakan spesies Eucalyptus yang tumbuh di belahan bumi utara. Pohon ini paling banyak dijumpai di Inggris, Papua Nugini, Seram, Sulawesi dan Mindanao.

Karena dia merupakan jenis Eucaliptus, maka ketika kita mendekatinya, akan tercium aroma kayu putih. Secara Eucalytus kan merupakan bahan kayu putih. Oh iya. pohon ini juga kesukaannya koala, binatang khas dari Australia.

Nah yang akan berakhir pekan dan jalan-jalan di Taman Hutan Raya Ir H Djuanda, jangan lewatkan menengok salah satu keindahan alam itu ya. Salam lestari!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar