software

Rabu, 23 April 2014

Fergie Akan Ikut Pilih Manajer Baru MU

Sir Alex Ferguson akan tetap diminta manajemen Manchester United untuk membantu memilih manajer baru sebagai pengganti David Moyes, meski dia dianggap melakukan kesalahan besar saat memboyong Moyes ke Old Trafford.

Menyusul pemecatan Moyes, ada beberapa nama kandidat yang muncul ke permukaan untuk menjadi manajer baru The Red Devils. Daftarnya memanjang mulai dari Carlo Ancelotti, Juergen Klopp, sampai Louis van Gaal, Laurent Blanc serta Diego Simeone dan Antonio Conte.

Siapa yang nantinya terpilih masih tanda tanya besar. Selain karena MU masih akan dibesut Ryan Giggs sampai akhir musim ini, upaya mendekati nama-nama tersebut di atas diyakini membutuhkan waktu karena mereka masih terikat dengan timnya masing-masing.

Dikutip dari Guardian, upaya MU mengontrak manajer baru akan dapat bantuan dari Fergie. Meski sudah pensiun, Fergie masih punya pengaruh kuat di MU. Petinggi klub diyakini tetap akan mendengarkan suara dari pria yang sempat 26 tahun jadi bos di Old Trafford itu, bahkan setelah dia membuat kesalahan karena menunjuk Moyes sebagai penggantinya di musim panas lalu ketimbang Jose Mourinho yang ketika itu tengah tidak punya klub.

Nama Mourinho langsung disebut-sebut oleh manajemen MU setelah mereka memutuskan memecat Moyes. Namun memboyongnya dari Chelsea dianggap sebagai hal yang sulit diwujudkan, yang karenanya membuat mereka beralih ke Carlo Ancelotti di Real Madrid.

Don Carletto memang baru satu musim melatih El Real, namun pria asal Italia itu dianggap lebih punya kans untuk pergi di musim panas nanti. Semua tergantung pada hasil perjuangan mereka di La Liga Primera dan upaya merebut La Decima di Liga Champions.

Terhadap Ancelotti, peluang MU dianggap lebih besar. Soalnya Fergie punya hubungan dekat dengan eks pelatih Juventus, AC Milan, Chelsea dan Paris Saint Germain itu. Kedekatan tersebut jadi modal buat memboyong pelatih pemilik dua trofi Liga Champions itu ke Old Trafford.
Petinggi MU juga disebutkan juga mencoret beberapa nama kandidat seperti Simeone, Klopp dan memastikan Giggs tak akan menjadi pelatih tetap musim depan. Kegagalan Moyes dianggap pelajaran kalau MU butuh pelatih dengan jam terbang tinggi, dan bukannya mereka yang masih muda dan baru satu atau dua musim terakhir merengkuh sukses.

Terkait Van Gaal, pria asal Belanda itu baru akan bisa melatih MU di pertengahan Juli mendatang karena dia masih terikat kontrak dengan tim nasional Belanda. Meski jadi salah satu favorit, hingga kini belum ada satupun pendekatan dilakukan pada pria 62 tahun itu.

Proses pencarian manajer baru oleh petinggi MU baru akan dilakukan dalam beberapa pekan mendatang. Keputusan untuk memecat Moyes di pekan ini - dan bukannya menunggu hingga akhir musim - adalah demi menghindari munculnya risiko mereka menanggung malu lebih besar jika ketahuan mencari manajer baru sementara Moyes masih ada di posisinya. Hal tersebut sempat terjadi saat Manchester City mendekati Manuel Pellegrini meski Roberto Mancini masih berada di kursi manajer.

Ferguson juga disebutkan ikut andil dalam keputusan pemecatan Moyes. Fergie ikut berdiskusi melalui conference call dengan Keluarga Glazer dan Anggota Dewan MU pada Senin (21/4/2014) lalu usai The Red Devils kalah 0-2 atas Everton, dan memberi lampu hijau terhadap pemutusan hubungan kerja dengan Moyes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar