software

Kamis, 24 April 2014

Kura-kura Buaya, Hewan Aneh yang Harus Anda Lihat di TMII

Kalau Anda kali ini berakhir pekan ke TMII, jangan lupa mampir ke Dunia Air Tawar. Di sana ada banyak aneka hewan aneh, seperti kura-kura buaya yang berasal dari Sungai Amazon. Hmm... kura-kura kok buaya, penasaran?

Tak habis rasanya membahas aneka ikan dan hewan lainnya di Dunia Air Tawar TMII. Satu lagi hewan aneh di sana dan harus Anda lihat adalah alligator snapping turtle alias kura-kura buaya (Macrochelys temminckii).

"Hewan ini memang aneh, namanya saja kura-kura buaya. Jadi sebenarnya kura-kura tapi ada beberapa bagian dan sifat yang seperti buaya," kata petugas bagian biota dan pemeliharaan ikan Dunia Air Tawar TMII, Rohim Sani saat detikTravel mengunjungi Dunia AIr Tawar beberapa waktu lalu.

Kura-kura buaya di Dunia Air Tawar TMII ini berumur 9 tahun dan didatangkan langsung dari Sungai Amazon di kawasan Amerika Selatan. Lokasi akuairumnya ada di dekat akuarium labi-labi albino.

Jika diperhatikan, kura-kura buaya memang beda dengan kura-kura pada umumnya. Bentuk cangkangnya lancip, seperti punggung buaya. Kura-kura buaya pun sering membuka mulut lebar-lebar seperti buaya.

"Mengapa dia membuka mulut seperti itu? Karena lidah mereka itu di dalamnya ada bentuk ulat atau cacing. Nah, hewan seperti ikan atau serangga air yang melihatnya akan mengira makanan. Begitu mereka hinggap di mulutnya, hap! Langsung diterkam oleh kura-kura buaya," papar Rohim menjelaskan.

Rohim menambahkan, kalau di alam liar kura-kura buaya juga dikenal sebagai predator ular. Meski tak mempunyai gigi, rupanya ada satu kelebihan kura-kura buaya untuk menerkam mangsa. Mulut mereka sangat kuat dan cengkramannya sulit dilepas!"Mereka itu bentuk mulutnya seperti tang. Sehingga jika sekali mencengkram mangsa, maka akan sulit untuk melepasnya. kalau diistilahkan, kura-kura buaya ini adalah ikan piranha-nya kura-kura," kata Rohim.

Kura-kura buaya di Dunia Air Tawar TMII ini beratnya 20-30 kilogram. Anda bisa melihatnya cengkraman kuat dari mulut kura-kura buaya ini saat kegiatan fish feeding, yang harus dipesan terlebih dulu melalui telepon atau bertanya pada bagian loket.

Tiket masuk ke Dunia Air Tawar TMII yang buka setiap hari ini hanya Rp 15 ribu saja, tidak termasuk tiket masuk TMII. Tak perlu jauh-jauh ke Sungai Amazon, Anda bisa melihat kura-kura buaya langsung di depan mata.

"Banyak yang bilang kalau kura-kura buaya masih termasuk hewan purba. Umurnya bisa mencapai ratusan tahun. Kalau di alam liar, ukuran tubuhnya bisa lebih besar dari ukuran di Dunia Air Tawar TMII ini," tandas Rohim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar