software

Selasa, 22 April 2014

Ini Alasan Hong Kong Jadi Kota Paling Nyaman Untuk Dikunjungi

Hong Kong merupakan destinasi yang tak pernah sepi dari turis. Hong Kong adalah surga belanja dan punya banyak tempat wisata menarik. Di balik itu, Hong Kong memiliki segala syarat untuk jadi kota yang paling nyaman dikunjungi.

Tahukah Anda, jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Hong Kong per tahunnya mencapai angka puluhan juta. Angka yang fantastis mengingat Hong Kong adalah kota yang tidak besar-besar amat. Namun jangan salah, tempat-tempat wisata di Hong Kong memang bikin wisatawan untuk datang lagi dan lagi.

Hong Kong punya deretan pusat perbelanjaan seperti Ladies Market hingga Harbour City yang selalu penuh 'shopaholic'. Ada Hong Kong Disneyland yang jadi tempat rekreasi keluarga. The Peak yang merupakan kawasan sejuk dan Hong Kong Avenue sebagai tempat foto-foto narsis. Selain itu, masih banyak tempat wisata lainnya di Hong Kong.

Namun rupanya, aneka tempat wisata di Hong Kong bukan jadi alasan kota tersebut paling nyaman dan ramai dikunjungi. Dilansir dari CNN Travel, Senin (21/4/2014) Hong Kong punya berbagai faktor untuk menjadi kota paling nyaman terlepas dari urusan wisata.

Tahukah Anda, Hong Kong adalah kota dengan tindak kriminalitas paling rendah di dunia. Data dari PBB soal narkoba dan kriminal tahun 2011 mencatat, Hong Kong merupakan kota dengan kasus pembunuhan paling rendah di dunia!

Dalam 16 tahun terakhir, kasus pembunuhan di Hong Kong hanya 0,2 dari per 100.000 orang. Hanya kalah dari Monaco dan Palau yang kasus pembunuhannya adalah 0.

Tapi kalau dibandingkan dengan Monaco dan Palau, Hong Kong memiliki populasi sekitar 7 juta jiwa dalam area seluas 1.104 km persegi. Monaco penduduknya hanya 36.000 dan Palau sebagai negara kepulauan dengan penduduk hanya 20.000 jiwa. Atas dasar itulah, Hong Kong disebut-sebut sebagai kota paling aman di dunia.

Memang, Hong Kong adalah kota yang padat. Pedestarian di sana bagaikan lautan manusia. Tapi meski banyak penduduk, rupanya Hong Kong juga menjadi kota yang bebas dari kemacetan.

Apa rahasianya Hong Kong bebas dari kemacetan? Jawabannya adalah sistem transportasi. Hong Kong memiliki MTR Corporation yang menerapkan sistem kereta bawah tanah. Kereta tersebut selalu ramai, apalagi saat jam kerja. Baik karyawan, mahasiswa atau turis memenuhi kereta bawah tanah di Hong Kong. Dari 7 juta jiwa penduduk Hong Kong, hanya terdaftar 710 ribu kendaraan pribadi saja lho!

Jangan bayangkan penumpang yang berdesakan atau kereta yang kotor. Kereta bawah tanah di Hong Kong bersih dari sampah, tidak ada yang berdesakan dan selalu tepat waktu.

Masih berbicara soal transportasi, Bandara Internasional Hong Kong yang jadi pintu masuk turis pun tak luput dari pujian dunia. Bandara Internasional Hong Kong memenangkan hampir 40 penghargaan internasional sejak dibuka tahun 1998. Bahkan, Bandara Internasional Hong Kong pernah menyabet penghargaan dari Skytrax selama delapan tahun berturut-turut sebelum dikalahkan oleh Bandara Changi, Singapura.

Dari Bandara Internasional Hongkong, ada banyak pilihan transportasi dari Airport Express yang cepat dan efisien untuk mengantarkan turis. Tahun 2011 lalu, tercatat 53 juta penumpang yang datang ke bandara tersebut. Tentu, jumlahnya akan terus meningkat tiap tahun.

Terakhir, satu hal unik yang membuat Hong Kong jadi kota paling nyaman dikunjungi adalah soal makanan. Jangan kaget, Hong Kong memiliki 15.000 restoran di berbagai wilayah. Menu makanannya pun dijamin menggoyang lidah, Anda bisa mudah menemukan restoran yang menawarkan aneka kuliner khas barat, apalagi macam-macam kuliner khas Asia.

Faktor keamanan, transportasi dan makanan jadi jawaban soal banyaknya turis yang datang ke sana tiap tahunnya. Siapa sih yang mau liburan ke kota yang jalanannya macet dan kriminalitas di mana-mana? Tiap negara sepertinya harus belajar dari Hong Kong, salah satunya negeri Indonesia ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar