software

Kamis, 24 April 2014

Ajaib! Sungai Soca di Slovenia Berwarna Sebiru Permata

Banyak sungai di dunia yang airnya luar biasa jernih. Tapi sungai berwarna biru toska dari hulu sampai hilir, mungkin cuma ada di Slovenia. Inilah Sungai Soca, yang berwarna unik dan cantik luar biasa.

Sungai Soca memanjang 136 Km dari sebelah barat Slovenia sampai timur laut Italia. Bagian hulu sungai ini terletak di Julian Alps, hingga akhirnya bermuara di Laut Adriatik. Begitu memasuki Italia, namanya berubah menjadi Sungai Isonzo.

Dari Amusing Planet, Senin (12/8/2013), Sungai Soca berwarna biru cerah dari awal sampai akhir. Sangat jarang sungai di dunia yang warnanya unik dan konstan seperti ini. Sungai Soca mengalir dari pegunungan melewati ngarai, lembah, di salah satu lanskap yang paling tak terjamah di Eropa. Tak heran keindahannya menjadi incaran wisatawan.

Atas warnanya, Sungai Soca dijuluki 'The Emerald Beauty'. Sungai ini melintasi beberapa kota seperti Gorizia, Bovec, Kobarid, Tolmin, dan Nova Gorica.

Pada 2008 wilayah sekitar sungai ini menjadi salah satu tempat syuting film Disney, yakni Chronicles of Narnia: Prince Caspian. Turis bisa menyambanginya dari Kota Gorizia, dan melakukan beberapa aktivitas seperti bersepeda gunung, rafting, kayaking, paralayang, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar